Latest News

Sudahkah Berkorban untuk Diri Sendiri?

Berkorban untuk orang lain pasti sudah sering kita lakukan, sampai-sampai kita lupa untuk berkorban dengan diri sendiri atau keluarga kita. Bukan berarti berkorban untuk orang lain itu buruk, hanya saja jangan sampai terlena untuk selalu berkorban untuk orang lain. Kita secara pribadi dan keluarga kita tentunya juga mempunyai hak untuk berkorban kepada diri sendiri.

Beralasan berkorban untuk orang lain karena kata "kebaikan" yang menjadi pertanyaan sudahkah kita sendiri berbuat baik untuk diri sendiri dan keluarga? Jika belum berarti kita egois kepada diri sendiri secara tidak langsung. Memang tidak ada larangan untuk berkorban sebanyak apapun untuk orang lain, namun juga kita harus sebelum kita berbuat baik untuk orang lain, kita sendiri haruslah berbuat kebaikan kepada diri kita.

Berkorban kepada diri sendiri tidak terlalu 'mahal' bahkan sangat mudah sekali, misalnya saja kita mengorbankan sedikit saja dari rupiah yang kita miliki untuk kebutuhan psikologis kita sendiri, misalnya saja untuk hobi kita, membaca beli lah buku bacaan yang sudah kita idam-idam kan sejak dulu, hobi traveling pergilah ketempat yang sudah kita impikan. Tidak ada takaran apapun untuk berkorban kepada diri sendiri, karena memang diri kitalah yang menentukan sendiri jenis kesenangan apa yang akan kita raih.

Sudahkah Berkorban untuk Diri Sendiri?
credit image: dailydesigninspiration.com


Terkesan mencari kesenangan seperti membuang waktu dan biaya saja, memang kalau terlalu sering. Berkorban untuk diri sendiri yang kita lakukan juga jangan terlalu sering, kesenangan akan menciptakan psikologis yang baik untuk diri kita sendiri, dengan begitu dalam menjalani hidup kita akan merasa lebih fresh lagi.

Tulisan ini tidak memaksakan untuk berkorban kepada diri sendiri, hanya sebagai bahan renungan saja dan juga sebagai pelajaran sendiri untuk penulis bahwa dalam hidup kebanyakan kita hanya banyak berkorban untuk orang lain sehingga kita lupa berkorban untuk orang yang terdekat dengan kita sejak lahir (keluarga dan orang tua). Semoga kita semua bisa memaknai hidup dengan tidak lupa berkorban kepada diri sendiri dan keluarga dan juga bisa berbuat baik dengan orang sekitar kita.

0 Komentar pada "Sudahkah Berkorban untuk Diri Sendiri?"

- Masukkan komentar agar kita bisa saling mengenal satu sama lain
- Jangan memasukkan link pada komentar ya