Latest News

Sekutu Dalam Satu Kubu

Manusia adalah makhluk sosial yang selalu memerlukan orang lain dalam hidupnya, manusia membentuk hubungan interaksi dengan manusia lainnya dengan tujuan tertentu. Akan lebih nyaman jika kata manusia kita sebut sebagai seseorang. Seseorang cenderung akan hidup mengelompok berdasarkan kesamaan, kesamaan yang akan membentuk kelompok dalam beberapa orang adalah kesamaan hobi. Kelompok atau kubu ini selalu ada lingkungan masyarakat tak kenal dari golongan dan tingkat pendidikan apapun, seseorang akan terus hidup mengelompok baik untuk memenuhi kehidupannya (timbal balik) maupun untuk membuat rasa aman dalam menjalani kehidupan.

Sekutu Dalam Satu Kubu merupakan ungkapan dimana di dalam suatu kelompok, organisasi terbentuk lagi kelompok-kelompok kecil. Entah untuk tujuan apa kelompok kecil ini terbentuk, bisa saja ada tujuan-tujuan lain di dalamnya. Salah satu Sekutu Dalam Satu Kubu adalah kelompok pertemanan di sekolah atau di kampus. Di era jaman SMA dulu dalam satu kelas akan terbentuk lagi beberapa kelompok kecil ada kelompok yang mayoritas ada minoritas dan bahkan ada kelompok yang bisa dikatakan kelompok gaib.

Salah satu tujuan membentuk sekutu dalam satu kubu biasanya terjadi pada kaum hawa, kaum hawa di sekolah atau kampus akan membentuk sekutu. Jika di SMA kaum hawa membentuk kubu dalam suatu kelas untuk mencari dukungan memusuhi kubu yang lain, hal ini terjadi karena dalam suatu kubu mempunyai permasalahan dengan kubu lain biasanya masalah pacar (klasik nih) atau tujuan sepele lain untuk menguasai tempat duduk di kantin sekolah. Memang ketika masa SMA akan terasa lebih PD jika ke kantin bergerombol dengan sekutu apalagi jika sudah menjadi kakak kelas seakan-akan kantin sudah menjadi basecamp nya.
Tidak hanya pada masa SMA kaum hawa ini memang terkenal dengan rival abadinya sekutu kaum hawa juga, ketika pada bangku perkuliahan kaum hawa ini membentuk sekutu bukan lagi masalah asmara tapi lebih kepada tingkat yang professional dan terkesan kekanak-kanakan. Sekutu-sekutu ini akan bersaing masalah tugas kuliah, ketika salah satu kubu menyelesaikan tugas kuliahnya anggota dari kubu tersebut pasti selalu berpidato: “jangan kasih contekan ke si Anu biar mereka berusaha sendiri” fenomena ini terus berlanjut sampai dengan puncak peperangan yang biasa disebut dengan UJIAN.
sekutu dalam satu kubu

Massa ujian adalah massa dimana antar kubu saling berperang dan unjuk gigi. Antar kubu akan membentuk formasi untuk memaksimalkan serangan ketika menghadapi soal-soal yang sebenarnya bisa jadi mudah saja. Ketika sampai pada ketegangan contek-contekan antar anggota yang berbeda kubu ini ketika ditanya:
“Nomor dua sudah”
”Belum, lagi dipikir”
Padahal sebenarnya sudah, karena memang dari awal ada ketegangan dan konflik internal dalam kubu ini ya sudah berbohong adalah pilihan yang terbaik kemungkinan. Fenomena Sekutu dalam Satu Kubu sebenarnya memang bukan hal baru hal ini sudah terjadi beberapa abad silam ketika masih pada dinasti Ming (ngaur). Menyikapi hal ini dalam pertemanan memang sulit apalagi bagi mereka yang masih umur belasan tahun, dimana jiwa kompetitif adalah segalanya tanpa memandang apakah tindakan tersebut benar atau salah, menyakitkan orang lain atau tidak, kontrol diri sangat diperlukan dalam hidup bersosial tindakan mana yang harus dan tidak harus dilakukan.

Sesengit apapun rival dalam hidup kita, sehebat apapun kubu dalam suatu kelas yang kita hadapi mereka tetaplah teman seperjuangan, teman yang memacu semangat bersaing adalah mereka. Sekalipun kalian menang dalam dunia pendidikan tidak menjamin kalian menang di dunia masyarakat, dunia pendidikan sarat dengan persaingan semu dunia masyarakat komunikasi lah yang menjadi raja. 

0 Komentar pada "Sekutu Dalam Satu Kubu"

- Masukkan komentar agar kita bisa saling mengenal satu sama lain
- Jangan memasukkan link pada komentar ya