Latest News

Teman yang Bermanfaat Atau Memanfaatkan Teman

Hari Senin adalah hari yang paling terbaik untuk melakukan aktifitas, hari dimana semua aktifitas bermula kecuali bagi mereka yang mentalnya masih tingkat pemula hari Senin bisa menjadi momok yang menakutkan, dan memang benar adanya. Bisa dilihat di media social banyak sekali keluhan-keluhan tentang bertanya hari Senin, padahal jika dipikirkan kembali siapa yang peduli dengan keluhan lo di dunia maya heh ? (!). Jika memang ada yang peduli bisa dihitung dengan jari, paling-paling pacar (kasihan yang jomblo:p ) atau gebetan saja.

Kehidupan dalam pertemanan merupakan dunia kedua setelah keluarga. Dunia ini begitu syarat dengan pengalaman, kesenangan, kenangan, dan bahkan juga permasalahan. Permasalahan dalam pertemanan hal yang lumrah dan memang bumbu dalam berteman adalah masalah tersebut. Jika ada seseorang dalam pertemanannya tidak pernah ada masalah berarti belum bisa dikatakan berteman. Ketika dalam berteman ada masalah dan kita bisa menyelesaikan masalah tersebut maka ikatan pertemanan akan semakin kuat.

Ada hal yang menarik dalam berteman yaitu masalah Teman yang Bermanfaat atau Memanfaatkan Teman. Permasalahan klasik tapi masih saja kadang jika salah dalam bertindak akan menghancurkan hubungan pertemanan. Teman yang bermanfaat adalah teman yang bisa membuat diri kita menyenangkan dalam menjalani hidup, meski demikian tidak semata-mata kesenangan saja dicari. Teman yang bermanfaat adalah mereka yang bisa membuat kita merasa enteng dalam menghadapi masalah karena dengan kehadiran mereka saja sudah membuat kita bahagia walaupun mereka kadang tidak bisa memberikan solusi atas masalah yang kita hadapi. Mereka selalu ada, selalu care walau kadang terlihat tidak peduli bukan karena apa tetapi karena itulah gaya berteman, mereka bahkan tidak memuji sama sekali atas kerja dan usaha yang menurut kita luar biasa, bukan karena mereka tidak bisa kagum, mereka kagum tetapi untuk antisipasi agar kita tidak tinggi hati mereka terkesan cuek saja, sekalipun memuji pujiannya seperti olokan.

Teman yang Bermanfaat Atau Memanfaatkan Teman


Memanfaatkan Teman
Jangan berburuk sangka dalam kehidupan merupakan petuah yang harus diimplementasikan, terkadang kehidupan terasa berat bukan karena masalah yang dihadapi berat tetapi lebih kepada cara menghadapi masalah hidup yang cenderung salah. Apa hubungannya dengan memanfaatkan teman ? simak cerita dibawah ini dan ambil kesimpulannya sendiri.

Suatu hari ada seorang teman (sebut saja Zorro) yang datang kepada Luffy karena ada suatu permasalahan hidup yang teramat cukup berat misalnya saja kehabisan duit buat beli bensin dan motornya mogok. Teman Luffy ini tidak terlalu akrab Cuma kenal-kenal saja tapi masih satu daerah tentunya. Teman Luffy ini bermaksud meminjam uang untuk beli bensin satu liter (8.500 harga bensin pinggir jalan) anggap saja 10.000 ribu biar tidak susah menghitung ada 500 nya :D. Sikap Lufy sebagai seorang teman sudah pasti akan membantu.

Menyikapi hal tersebut diatas hal atau tindakan apa yang kita lakukan setelah memberi pertolongan tersebut, beberapa orang akan bersikap setelah menolong kemudian lupa ada juga kemudian setelah menolong dan berkumpul dengan teman akrabnya akan berkata seperti ini
Eh si Zorro kemarin motornya mogok datang ke aku minjam duit buat beli bensin, tu orang datang pas lagi ada perlunya aja”
Dari kalimat itu atau kalimat sejenis yang mirip sebenarnya bisa ditilik dari sudut pandang berbeda.
  •  Dari sisi Zorro: Luffy adalah teman yang bermanfaat karena bisa diandalkan ketika ada masalah sekalipun bukan teman akrab.
  • Dari sisi Luffy: Zorro adalah teman yang memanfaatkannya karena datang hanya ketika ada masalah saja.


Mana yang benar ? keduanya benar dan sah-sah saja, ini berkaitan dengan pola pikir masing-masing dan pola pikir setiap orang berbeda-beda hanya saja dalam masalah ini si Luffy berpikiran negatif dan si Zorro berpikiran positif. Zorro berpikir Luffy adalah teman yang bermanfaat karena bisa diandalkan ketika ada masalah bahkan kepada yang tidak akrab pun dibantu, ini menurut pikiran Zorro. Sementara Luffy berpikiran negatif mengatakan jika Zorro datang ke dia hanya ketika ada masalah saja. Padahal andai saja si Luffy ini berpikiran positif seperti ini: Ah rupanya aku bisa bermanfaat untuk orang lain.

Intinya baik itu dalam kehidupan berteman atau bermasyarakat akan selalu ada yang namanya bermanfaat dan memanfaatkan. Ketika kita berada di posisi Luffy tadi sikap kita hendaknya adalah selalu berpikiran positif bukankah ketika kita menolong orang lain berarti kita bermanfaat untuk hidup orang tersebut. Namun dalam meminta tolong kita juga harus cerdas jangan sedikit-sedikit minta tolong berusahalah terlebih dahulu untuk memecahkan masalah kita sendiri dan jika memang kita sudah tidak mampu barulah meminta pertolongan. Dan tambahan lagi khusus anak kost jangan pernah meminta pertolongan secara finansial (pinjam duit) dalam jumlah yang tidak wajar kepada sesama anak kost sudah bisa dijamin pasti tidak ditolong, bukan tidak mau menolong tetapi karena memang tidak ada.


Terserah jika ada yang berteman denganku karena ingin memanfaatkan ku saja, karena sejatinya aku adalah orang bisa memberikan manfaat kepada orang lain hahahahaha. 

0 Komentar pada "Teman yang Bermanfaat Atau Memanfaatkan Teman"

- Masukkan komentar agar kita bisa saling mengenal satu sama lain
- Jangan memasukkan link pada komentar ya