Latest News

Suka Duka Merantau

Beberapa dari pembaca pasti adalah perantau. Merantau memang menjadi keharusan untuk beberapa orang, ada yang merantau karena untuk bekerja beberapa orang lagi merantau karena menempuh pendidikan di luar daerahnya. Merantau itu ada enaknya ada juga yang gak enaknya. Merantau bagi mereka yang belum berkeluarga berarti akan hidup mandiri di kampung orang. Bagi yang sudah berkeluarga juga tak jauh beda.

Hidup di kampung orang sekalipun masih tetap di Indonesia pasti akan ada perbedaan dengan hidup di kampung halaman. Perbedaan kebudayaan dan hidup dalam pola sosial yang berbeda tentunya akan memberi pengaruh secara tidak langsung kepada kita dalam bertindak. Saling hormat menghormati dalam kehidupan adalah kunci kesuksesan dalam merantau.

Yang membuat tidak nyaman dalam merantau yang kebanyakan orang rasakan adalah rasa sepi dan rasa jauh dari keluarga. Bagi mereka yang merantau untuk menempuh pendidikan, di awal-awal masa merantau tentulah akan menjadi momen yang begitu berat, biasanya sangat terasa sekali bagi anak perempuan. Memang yang biasanya rasa kangen itu sering sekali muncul apalagi ketika ingat waktu makan malam, waktu makan malam adalah waktu kita terkumpul dengan semua keluarga. Jika teringat akan momen ini pasti kita akan merasa sedih selama merantau.

Tetapi juga jangan terlalu hanyut dalam kesedihan ketika merantau, ingatlah jika merantau kita mempunyai tujuan yang harus dipertanggungjawabkan, nikmati lah waktu di perantauan dengan baik dengan tetap fokus kepada tujuan. Selama merantau tidak mungkin kita akan hidup sendiri, pastilah kita akan mempunyai teman, sampai bahkan kita akan mempunyai sahabat karib. Dengan merantau kita juga akan tahu lebih banyak hal, sosial budaya, adat, dan pola hidup masyarakat. Selama di perantauan ada baiknya kita harus menjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat sekitar.

Suka Duka Merantau


Menjalin komunikasi yang baik selama merantau dengan masyarakat sekitar bisa menjadi cara untuk mengobati rasa rindu akan kampung halaman, apalagi bagi mereka yang merantau tahunan sampai lumutan. Jangan membuat ulah atau bersikap yang buruk dengan masyarakat sekitar, bersikap ramah lah dengan tokoh di lingkungan sekitar. 

Selama merantau memang banyak sekali bumbu kehidupan yang di dapatkan. Selalu ingat dengan tanggung jawab selama merantau bisa menjadi kompas untuk mencapai tujuan. Selalu ingat untuk beribadah agar bisa membentengi diri. Untuk anak laki-laki jangan sampai berbuat yang aneh-aneh, dan selalu hati-hati. Sama juga dengan anak perempuan, jangan sampai membuat aib yang memalukan keluarga selama merantau.

Hidup merantau itu artinya pembelajaran dalam hidup, jika kita sukses dalam merantau, akan ada kebanggaan tersendiri yang akan kita dapatkan.

0 Komentar pada "Suka Duka Merantau"

- Masukkan komentar agar kita bisa saling mengenal satu sama lain
- Jangan memasukkan link pada komentar ya